Cara Mengaktifkan Hotspot Di Laptop Windows XP, 7, 8 dan 10

Cara Mengaktifkan Hotspot Di Laptop – Hotspot memungkinkan pengguna untuk membagikan koneksi internet dengan perangkat lain. Jika biasanya hotspot sering dijumpai di hp, namun perangkat seperti laptop juga memiliki fitur hotspot.

Supaya bisa berbagi koneksi internet dengan perangkat lain, maka anda harus mengaktifkan hotspot di laptop terlebih dahulu. Namun, kebanyakan pengguna tidak tau bagaimana mengaktifkan fitur hotspot di laptop yang mereka miliki.

Jika anda bingung, silahkan simak cara mengaktifkan hotspot di laptop. Cara dibawah ini bisa anda coba disemua versi laptop dan versi windows, mulai dari windows xp, 7, 8 dan 10.

Cara Mengaktifkan Hotspot di laptop tanpa aplikasi

Cara Mengaktifkan Hotspot Di Laptop

Untuk mengaktifkan hotspot di laptop bisa anda lakukan tergantung dengan versi windows yang digunakan. Jika anda menggunakan windows 10 mungkin sangat mudah dilakukan karena fitur hotspot sudah tersedia secara otoamtis.

Namun untuk windows xp, 7 dan 8 harus dilakukan secara manual dengan membuat hotspot tersebut menggunakan cmd atau aplikasi.

Mengaktifkan hotspot di laptop windows 10

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika anda menggunakan windows 10 relatif lebih mudah untuk mengaktifkan fitur hotspot tersebut. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka windows settings di windows 10. Bisa melalui menu start lalu tekan icon gerigi atau dengan menekan tombol windows + I di keyboard
  2. Selanjutnya, masuk ke bagian Network & Internet
  3. Pada bagian network dan internet, pilih opsi Mobile Hotspot, lalu pada bagian share my internet conection from, silahkan sesuaikan atau pilih Wi-fi
  4. Sebelum mengaktifkan anda bisa mengedit nama dari hotspot tersebut dengan menekan tombol edit
  5. Silahkan aktifkan mobile hotspot tersebut dengan menekan slider share my internet connection with other device menjadi on

Jika anda menggunakan windows 10 versi Creator Update, anda bisa mengaktifkan hotspot dengan sangat mudah yaitu melalui menu notifikasi yang berada dibagian kanan bawah taskbar, lalu pilih menu mobile hotspot.

Mengkatifkan hotspot di laptop windows 7

Jika anda menggunakan windows 7, anda tidak dapat menemukan fitur hotspot pada bagian taskbar, namun tenang saja anda masih tetap bisa menggunakan hotspot dengan fasilitan jaringan ad hoc.

  1. Pertama, pastikan bahwa laptop anda terhubung dengan koneksi internet kabel
  2. Lalu tekan menu start pada bagian taskbar dan ketik ad hoc
  3. Pilih opsi Set up an ad hoc (computer-to-computer) network yang muncul
  4. Lanjut dengan menekan tombo Next untuk melakukan setup
  5. Pada bagian selanjutnya, anda akan diminta untuk memasukkan detail informasi dari hotspot tersebut, mulai dari network name, security type dan security key. Jangan lupa centang pada bagian Save this network dan tekan tombol Next
  6. Lanjut dengan menekan tombol Turn on Internet connection sharing
  7. Terakhir, hotspot tersebut sudah bisa digunakan dan laptop atau perangkat lain sudah bisa terhubung dengan laptop anda

Menggunakan bantuan software

Jika beberapa cara diatas sudah anda lakukan, namun fitur atau menu tersebut tidak ditemukan, maka altenatifnya anda bisa menggunakan software atau aplikasi yang berfungsi untuk membangun hotspot sendiri.

Ada banyak aplikasi hotspot yang bisa anda gunakan, seperti : mHotspot, My Public WiFi, Baidu Hotspot WiFi dan lain-lain. Untuk aplikasi lainnya anda bisa cari rekomendasi di google.

Selain itu setiap pengunaan aplikasi hotspot tersebut terbilang cukup mudah, tidak perlu ada settingan tambahan, anda hanya perlu mendownload dan lakukan install, selanjutnya hotspot sudah bisa digunakan.

Baca Juga:

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengaktifkan hotspot di laptop windows xp/7/8/10. Jika anda menggunakan windows 10 anda bisa mengaktifkannya langsung melalui windows settings atau pada bagian notifikasi atau menggunakan jaringan ad hoc jika menggunakan windows 7.

Namun, jika di laptop anda tidak terdapat fitur hotspot, maka anda bisa menggunakan bantuan aplikasi hotspot yang tersedia secara gratis dan sangat mudah digunakan.