Cara Mengaktifkan Grab Now Driver

Cara Mengaktifkan Grab Now Driver | Perkembangan teknologi sangat membantu manusia dalam melakukan banyak hal, terutama dalam hal transportasi.

Jika dahulu anda harus mencari dan menunggu transportasi untuk bepergian dan hal tersebut termasuk sulit. Sekarang anda sudah lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Grab.

Aplikasi ini akan membantu anda untuk mencari transportasi secara online, sebagai penumpang anda hanya perlu menggunakan smartphone untuk mencari driver.

Selain digunakan untuk mencari transportasi masih banyak lagi fitur yang bisa anda gunakan di Grab. Salah satu yang cukup berguna yaitu fitur GrabNow, fitur GrabNow tersedia pada menu grabbike.

Fitur ini akan membantu penumpang untuk lebih mudah menemukan driver, jika penumpang melihat ada driver di jalan maka penumpang bisa mendatangi driver dan mengaktifkan fitur GrabNow.

Untuk sekarang GrabNow hanya berlaku dibeberapa kota, seperti : Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk menggunakannya penumpang dan driver harus mengaktifkan GrabNow. Berikut cara mengaktifkan Grab Now Driver.

Cara Mengaktifkan Grab Now Driver

cara mengaktifkan grab now driver

Beri Izin Aplikasi

Pada saat pertama sekali menggunakan fitur Grab now, maka anda akan diminta menginzinkan aplikasi tersebut untuk mendapatkan akses lokasi “nearby”, untuk melanjutkan tekan saja IZINKAN.

Untuk memperlancar proses pastikan bahwa koneksi internet anda dalam keadaan hidup dan kecepatan jaringan yang kencang, jika tidak maka akan mengalami kegagalan.

Pastikan Ada Penumpang

Fitur Grab Now hanya bisa digunakan oleh driver saat ada penumpang yang ingin menggunakan jasa- nya. Maka dari itu jika tidak ada penumpang, maka fitur grab now tidak akan bisa aktif dan tidak bisa digunakan. Pastikan juga bahwa sekarang anda tidak sedang dalam posisi orderan atau membawa penumpang.

Aktifkan Grab Now

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan penumpang dengan driver menggunakan fitur GrabNow. Fitur Grabnow bisa anda aktifkan dengan menekan tombol dengan icon orang dan motor yang ada dibagian kanan tengah. Penumpang dan driver harus sama-sama mengaktifkan GrabNow mereka untuk tersambung. Selanjutnya jika penyambungan terlalu lama anda bisa menggunakan 6 digit kode sebagai akses ke penumpang.

Berikut langkah mengaktifkan GrabNow.

  1. Tekan icon GrabNow, bentuknya seperti orang dan motor pada bagian kanan mapaktifkan grab now
  2. Ada 2 metode yang bisa digunakan untuk menghubungkan driver dan penumpang, yaitu : Google nearby dan 6 digit kode
  3. Pengunaan Google Nearby terbilang sangat mudah, jika sudah diaktifkan maka secara otomatis sistem akan menghubungkan driver dan penumpang secara otomatis.
  4. Sedangkan untuk metode 6 digit kode, driver harus memberitahukan penumpang 6 digit kode yang telah dibuat. Selanjutnya akan muncul data dari driver tersebut dan jika benar maka penumpang bisa memilih Ya, ini pengemudi saya. Selanjutnya driver bisa menerima dengan menekan tombol ACCEPT atau TERIMA.

Selesaikan Orderan

Langkah terakhir berjalan seperti biasa memesan orderan pada grabBike. Driver harus mengantar penumpang ke tujuan dan setelah sampai penumpang bisa menyelesaikan pembayaran dan memberikan rating.

Baca Juga: Cara Ganti Rekening Grab

Penyebab Gagal Mengaktifkan Grab Now

Biasanya, masalah muncul pada saat menyambungkan antara driver dan penumpang, hal tersebut disebabkan karena beberapa masalah, antara lain :

  1. Koneksi jaringan yang tidak stabil
  2. Saldo Grab tidak mencukupi. Lakukan topup supaya bisa menggunakan GrabNow
  3. Smartphone yang digunakan telah di root
  4. Sudah terhubung secara sering. Hal ini tidak diperbolehkan dalam sistem, jika anda sudah berkali-kali terhubung dengan driver yang sama dan dalam waktu yang berdekatan.

Demikianlah cara mengaktifkan Grab Now. Fitur ini sangat membantu penumpang dalam mencari driver Grab. Untuk sementara fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna grab di daerah Jabodetabek.