Cara Memindahkan Data dari Hp Lama ke Hp Baru

Cara Memindahkan Data dari Hp Lama ke Hp Baru – Jika anda memilih hp baru, maka anda akan memikirkan bagaimana data dari hp lama tersebut masih bisa digunakan dan diakses di hp baru.

Hal ini penting dilakukan, supaya kita tidak repot-repot lagi dalam membuat data baru lagi. Ada banyak metode yang bisa anda gunakan untuk memindahkan data dari hp lama ke hp baru.

Umumnya menggunakan kabel usb, namun tidak semua data bisa di transfer. Untuk itu anda bisa menggunakan aplikasi bawaan dari hp tersebut atau menggunakan aplikasi transfer data lainnya.

Jika tertarik, silahkan simak cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru berikut ini.

Cara Memindahkan Data Untuk Semua Merk Hp

Cara Memindahkan Data dari Hp Lama ke Hp Baru

Sebetulnya, untuk memindahkan data dari hp lama ke hp baru ada banyak cara dan aplikasi yang bisa anda gunakan.

Selain itu ada juga beberapa merk hp yang sudah menyediakan aplikasi bawaan yang memang dikhususkan untuk melakukan bakcup guna transfer data dari hp lama ke hp baru.

Gunakan Aplikasi Bawaan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa vendor hp yang menyediakan aplikasi bawaan untuk melakukan transfer data dari hp android lama ke hp baru, berikut beberapa aplikasi bawaan dari beberapa merk hp.

  1. Samsung : Smart switch mobile
  2. Sony Xperia ™ Transfer Mobile
  3. LG Mobile Switch
  4. HTC Transfer Mobile
  5. Xiaomi Mi Drop
  6. Huawei Phone Clone
  7. OPPO

Anda perlu hanya perlu memastikan apakah merk hp yang anda gunakan tersedia dalam daftar diatas, jika tersedia anda bisa langsung menggunakannya untuk memindahkan data dari hp lama ke hp baru, namun jika tidak tersedia dalam list diatas, silahkan gunakan cara berikut ini.

Gunakan google  (pengaturan dan data aplikasi)

Jika anda menggunakan android, maka secara otomatis, salah satu opsi untuk melakukan backup yang bisa digunakan untuk transfer data, yaitu google.

Ada beberapa data yang bisa dipindahkan menggunakan google, mulai dari pengaturan, bookmark browser, wifi dan beberapa data pengaturan lainnya.

  1. Pertama, buka settings atau pengaturan di hp anda
  2. Lalu masuk ke backup & reset
  3. Silahkan aktifkan pilihan menu Backup my data dan pilih opsi akun google pada bagian backup account
  4. Tunggu proses backup selesai, disarankan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil, seperti wifi
  5. Untuk mendindahkan data ke hp baru, silahkan gunakan akun gmail dari hp lama yang digunakan untuk backup tadi di hp baru tersebut dan lakukan restore pada hp baru

Gunakan google photos (video & photo)

Selain menggunakan kabel usb untuk memindahkan foto dan video, anda bisa menggunakan cara online. Cara ini juga bisa digunakan jika anda tidak memiliki laptop atau pc.

  1. Pertama, buka aplikasi google photos atau photos di hp anda
  2. Tekan menu garis tiga pada bagian kiri atas
  3. Lalu pilih menu device folder
  4. Lalu pilih folder mana saja yang akan di sinkron
  5. Untuk memindahkan foto dan video tersebut ke hp baru, anda tinggal login dengan gmail dari hp lama dan download aplikasi google photos lalu lakukan sinkron atau restore

Memindahkan kontak dan pesan

Untuk memindahkan kontak dan pesan yang ada di hp lama, anda bisa menggunakan aplikasi Phone Copier.

  1. Install aplikasi Phone Copier melalui play store
  2. Lalu tekan opsi bluetooth pada aplikasi tersebut dan pilih opsi import
  3. Hidupkan bluetooth pada hp baru
  4. Dan lakukan proses transfer data kontak dan pesan

Memindahkan data sekaligus dengan CLONEit

Jika beberapa cara diatas dilakukan secara manual atau satu-persatu dan menurut anda terlalu ribet. Anda bisa menggunakan aplikasi CLONEit. Aplikasi ini tersedia secara gratis di play store, namun akan berisi iklan. Silahkan install aplikasi CLONEit di hp lama dan hp baru.

Saat aplikasi terbuka, anda tinggal menyesuaikan saja, tekan tombol receiver pada hp baru dan tombol sender pada hp lama. Oh iya, pastikan bahwa keduanya terhubung dengan jaringan wifi yang sama.

Baca Juga:

Kesimpulan

Demikianlah  cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru. Dari beberapa cara diatas anda bisa memilih mana yang menurut anda mudah dilakukan.

Mau secara manual atau satu persatu untuk memindahkan data yang dibutuhkan saja, atau melakukannya sekaligus menggunakan aplikasi cloneit atau aplikasi bawaan vendor hp.