Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online – Cara ganti faskes ini sangatlah penting dan membantu anda yang ingin pindah bpjs kesehatan secara online. Banyak sekali pengguna yang ingin pindah faskes bpjs karena ke luar kota maupun pindah domisili.

Kehadiran BPJS sangatlah membantu masyarakat luas, karena BPJS bertanggung jawab untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional untuk seluruh rakyat indonesia.

Jika anda peserta BPJS mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Fasilitas Kesehatan tingkat Pertama atau sering kita sebut sebagai Faskes tingkat 1.

Faskes tingkat 1 biasanya diambil berdasarkan wilayah yang dekat atau dimana anda berdomisili, beberapa fasilitas kesehatan dari faskes tingkat 1 yaitu puskesmas, klinik, dokter pribadi dan hal lainnya yang langsung bekerja sama denga BPJS.

Setiap peserta BPJS memiliki hak untuk memilih Faskes saat pertama sekali melakukan pendaftaran BPJS kesehatan dan biasanya kita akan memilih yang dekat dengan tempat tinggal kita.

Nantinya jika memerlukan pengobatan anda hanya tinggal pergi ke faskes yang telah anda pilih tadi.

Namun ada beberapa peserta BPJS yang merasa kurang terhadap Faskes yang mereka pilih, bisa saja pengalaman mereka pertama kali berobat di faskes tersebut kurang memuaskan mau dari segi pelayanan dan lainnya.

Kalau terjadi hal seperti itu anda tidak perlu khawatir, sebagai peserta BPJS anda juga memiliki hak untuk menganti faskes yang telah anda pilih tersebut.

Syarat Pindah Faskes BPJS

cara pindah faskes bpjs

Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk dapat melakukan request pindah faskes, beberapa dokumen dan hal lainnya adalah sebagai berikut.

  1. KTP
  2. Kartu Pesetar BPJS Kesehatan
  3. Dokumen keterangan Domisili, kerja, sekolah
  4. Bukti pembayaran BPJS sampai bulan pelaporan
  5. Fotokopi Buku Rekening
  6. Daftar kolektif gaji ( Khusus TNI, Polri, PNS )

Perlu diperhatikan bahwa peserta BPJS bisa pindah ke faskes lain harus minimal 3 bulan menjadi peserta BPJS, jika tidak kamu belum bisa mengajukan untuk pindah faskes.

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online

Untuk pindah faskes anda tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS, sekarang bisa dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi mobile yang sudah disediakan. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Install aplikasi JKN BPJS Kesehatan. Anda bisa cari langsung di playstore dan install
  2. Buka aplikasi yang telah di install tadi, pada tampilan pertama anda harus melakukan pendaftaran BPJS kesehatan online. Pastikan anda sudah menyiapkan dokumen lengkap seperti No.Kartu BPJS Kesehatan, Tanggal Lahir, KTP, KK, email, no hp. Silahkan lakukan pendaftaran dan isi form dengan data anda yang benar
  3. Setelah melakukan pendaftaran silahkan konfirmasi pendaftaran, Check link konfirmasi yang dikirim melalui email anda dan klik link tersebut.
  4. Jika Proses daftar sudah selesai, silahkan gunakan informasi yang telah anda daftar tadi untuk login ke aplikasi.
  5. Jika berhasil login, pilih menu Ubah Data Peserta
  6. Di sini anda bisa melihat dan memilih anggota keluarga yang ingin dipindah faskes. Anda juga bisa memilih sekali semua sesuai keinginan.
  7. Selanjutnya tekan pada form faskes 1
  8. Nantinya akan muncul jendela pop up, isi semua dengan data-data anda, mulai dari Provinsi, kota, fasilitas kesehatan dan lainnya.
  9. Jika sudah terisi dengan benar Klik SIMPAN

Sampai disini anda sudah berhasil melakukan perubahan pada faskes BPJS kesehatan anda, walaupun sudah berhasil anda belum bisa menggunakan faskes yang baru anda ganti tersebut, anda harus menunggu 1 bulan terlebih dahulu dan bulan berikutnya bisa digunakan.

Namun jika ada keperluan berobat anda bisa mengunjungi faskes 1 yang telah anda ganti baru tadi dan membawa tanda bukti berupa smartphone yang anda gunakan untuk menganti faskes tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah cara pindah faskes BPJS kesehatan, perlu anda perhatikan waktu pengantian faskes baru bisa dilakukan setelah 3 bulang menggunakan layanan faskes BPJS tersebut. Pastikan saat menganti faskes anda memilih faskes yang tepat dan dekat dengan tempat tinggal anda.