Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7 – Bluetooth merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk tersambung dan dapat mengirim atau menerima file. Untuk menggunakan bluetooth tersebut anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan bluetooth di laptop windows 7 anda bisa melakukannya langsung melalui menu bluetooth settings atau menggunakan tombol keyboard yang ada logo bluetoothnya.

Namun, jika di laptop yang anda gunakan tidak terdapat fitur bluetooth, anda bisa menggunakan perangkat tambahan yaitu dongle usb bluetooth. Jika anda tertarik menggunakan bluetooth di windows 7, silahkan simak cara mengaktifkan bluetooth di laptop windows 7 berikut ini.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 7

setiap versi windows sudah disediakan fitur bluetooth oleh Microsoft. Namun untuk mengaktifkan Bluetooth tersebut memiliki cara yang berbeda di setiap versi windows.

Hal ini tentunya disebabkan karena adanya perbedaan letak menu di versi windows yang berbeda, termasuk windows 7.

Melalui Bluetooth Settings

Pertama, anda bisa melakukanya melalui menu bluetooth settings. Selain mengaktifkan bluetooth, melalui bluetooth settings anda juga bisa mengatur beberapa pengaturan dari bluetooth tersebut.

  1. Pertama, tekan menu taskbar pada bagian kiri bawah taskbar atau anda bisa menekan tombol dengan logo windows pada keyboard
  2. Lalu pada kolom pencarian, silahkan ketik bluetooth settings
    bluetooth windows 7
  3. Pada bagian tersebut akan muncul beberapa opsi, silahkan pilih opsi Change Bluetooth settings
  4. Nantinya akan terbuka sebuah jendela baru, yaitu bluetooth settings
  5. Lalu, centang pada semua opsi yang tersedia pada bagian discovery dan connections, beberapa yang harus anda centang antara lain :
    aktifkan bluetooth windows 7
    • Allow bluetooth device to find this computer
    • Allow bluetooth device to connect this computer
    • Alert me when a bluetooth device wants to computer
    • Show the bluetooth icon in the notification area
  6. Setelah mencentang semua opsi diatas, silahkan tekan tombol apply dan OK
  7. Setelah mengaktifkan bluetooth tersebut anda sudah bisa melihat icon bluetooth pada bagian kanan tasbar dengan menekant icon panah keatas

Lupa dengan kata sandi login anda? berikut cara reset password windows 7

Menggunakan Tombol Keyboard

mengaktifkan bluetooth windows 7

Beberapa laptop memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan bluetooth di windows 7 dengan hanya menekan tombol pada keyboard. Hal ini sebetulnya berlaku untuk semua versi windows, termasuk windows 7.

Untuk mengaktifkan bluetooth di windows 7 anda bisa menekan tombol keyboard Fn dan tombol keyboard yang memiliki logo bluetooth. Tekan secara bersamaan, hingga icon bluetooth muncul pada bagian taskbar.

Menggunakan Dongle USB Bluetooth

cara mengaktifkan bluetooth laptop windows 7

Windows 7 merupakan versi windows yang sudah cukup lama keluar. Dengan adanya versi windows terbaru, maka sudah jarang orang menggunakan versi windows 7 tersebut. Selain itu laptop yang menggunakan windows 7 rata-rata merupakan laptop lama dan kemungkinan tidak memiliki fitur bluetooth internet.

Jika laptop yang anda miliki tidak memiliki bluetooth internal dan anda sudah mencoba cara diatas namun tidak menemukan menu bluetooth, maka anda harus menggunakan dongle usb bluetooth. Alat ini berbentuk seperti USB, nantinya akan disambungkan ke port usb di laptop anda. Anda bisa membelinya di toko elektronik atau melalui online shop.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video Windows 7 Terbaik

Akhir Kata

Demikianlah cara mengaktifkan bluetooth windows 7. Dengan beberapa cara diatas anda bisa memilih salah satu yang menurut anda mudah untuk dilakukan.

Jika laptop dengan os windows 7 yang anda gunakan tidak terdapat fitur bluetooth, maka terpaksa menggunakan dongle usb bluetooth, seperti yang sudah dijelaskan di cara ke-3.