Cara Membuat Cover Highlight Instagram

Cara Membuat Cover Highlight Instagram – Banyak sekali fitur menarik yang ada di instagram dan bisa anda gunakan. Salah satunya yaitu Highlight atau sorotan. Setiap Insta stories yang anda buat mau itu berupa foto atau video yang anda upload akan hilang dalam 24 jam.

Supaya follower anda bisa tetap melihat insta stories tersebut anda bisa membuatnya menjadi Highlight atau sorotan. Highlight akan muncul di profile anda dan berbentuk lingkaran, dalam satu Highlight anda bisa menyimpan banyak foto atau video.

Biasanya orang yang menggunakan Highlight akan membuatnya menjadi beberapa kelompok dan biasanya pengelompokkannya berdasarkan kegiatan seperti olahraga, sekolah dan lainnya.

Untuk mempercantik Highlight biasanya akan diberi cover, nah cover biasanya bergambar icon atau gambar lainnya yang menunjukkan tentang Highlight tersebut. Jika anda ingin mempercantik Highlight dengan sampul anda bisa ikuti tutorial Edit sampul Highlight instagram berikut ini.

Cara Membuat Cover Highlight Instagram

cara membuat cover highlight instagram
cara membuat cover highlight instagram

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat sampul Highlight menjadi cantik dan menarik. Anda bisa menggunakan aplikasi editing di android atau menggunakan template yang sudah ada.

Untuk tutorial ini akan membuat cover Highlight menggunakan aplikasi editing dari Playstore.

Membuat Cover Hightlight Instagram Dengan Canva

Canva merupakan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk editing foto dan design. Banyak sekali pilihan design dan salah satunya anda bisa membuat cover untuk Sorotan.

  1. Silahkan Install Canva di Playstore atau bisa akses melalui browser di Canva.com, saya merekomendasikan menggunakan aplikasi di smartphone supaya mudah saat menyimpan dan melakukan Upload ke instagram.
  2. Buka aplikasi canva, selanjutnya silahkan login. Jika belum punya akun silahkan Register.
  3. Jika sudah login buat lembar kerja baru dengan mengklik Gunakan Dimensi Khusus yang berada di kanan atas dan masukkan ukuran 1080 x 1920 pixel dan tekan tombol Desain.
  4. Selanjutnya tentukan warna background yang anda inginkan.
  5. Tambahkan icon dengan menklik tombol Elemen pada bagian kiri. Silahkan scroll kebawah untuk menemukan menu icon. Silahkan pilih icon yang ingin anda gunakan di highlight anda, pastikan sesuai dengan kategori highlight anda, selain itu juga bisa mengatur warna dan ukuran dari icon tersebut.
  6. Jika sudah selesai silahkan unduh cover yang sudah anda buat tadi. Tekan saja Unduh pada bagian atas.

Membuat Cover Sorotan Instagram Dengan Photolayers

Jika dirasa aplikasi Canva sebelumnya kurang menarik dan susah digunakan, anda bisa menggunakan aplikasi Photolayers. Aplikasi ini tersedia secara gratis di playstore. Untuk cara membuat cover sorotan menggunakan Photolayers ikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama install aplikasi Photolayers dari Playstore.
  2. Jika sudah selesai install, buka aplikasi dan tekan Load A backround Image untuk membuat lembar kerja baru.
  3. Selanjutnya tambahkan foto dengan menekan tombol Add Photo
  4. Anda bisa menambahkan foto, icon atau simbol yang ingin anda gunakan pada sorotan instagram anda. untuk mendownload icon bisa cari di Flaticon.com atau search di google dengan Keywoard Free Icon. Selanjutnya tinggal menyesuaikan ukuran dari icon tersebut.
  5. Jika sudah selesai tekan tombol Save pada bagian atas dan tekan Finish.

Cara Upload Cover Highlight Instagram

Pada tahap sebelumnya anda telah membuat cover atau sampul untuk sorotan atau highlight instagram, sekarang anda bisa langsung menguploadnya ke instagram. caranya sebagai berikut :

  1. Buka Instagram
  2. Selanjutnya tekan icon kamera untuk membuat insta stories
  3. Pilih sampul highlight yang telah anda buat tadi
  4. Anda bisa mengupload langsung dengan cara tekan Close Friends, pastikan kamu tidak memiliki list teman di Close Friends, cara ini supaya nantinya sampul sorotan yang anda buat tadi hanya terlihat sebagai cover saja.
  5. Selanjutnya buka kembali sampul sorotan yang telah anda upload tadi dan Add to Highlight, selanjutnya bikin sampul yang anda buat tadi sebagai cover dan tambahkan Judul.
  6. Terakhir klik Done.

Baca: Cara Membuat Template Instagram

Demikianlah Cara Edit Sampul Sorotan Instagram, setelah mengikuti tutorial diatas sekarang anda bisa mempercantik profile instagram anda dengan sorotan yang sudah menggunakan cover.