Cara Mengetahui HP Disadap Orang Lain

Khawatir dengan keamanan data-data penting yang ada di dalam smartphone anda? berikut panduan cara mengetahui hp disadap oleh orang lain dengan mudah.

Handphone sudah menjadi hal yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Sekarang fungsi handphone bukan hanya digunakan untuk keperluan komunikasi saja, sudah banyak pekerjaan atau aktifitas lain yang bisa dilakukan.

Sebagai pengguna HP anda harus menjaga keamanan anda dari orang yang ingin memata-matai aktifitas yang anda lakukan di hp anda. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga privasi dan keamanan data dari pencurian yang dilakukan oleh para pelaku penyadap.

Biasanya penyadapan sering terjadi terhadap panggilan atau pesan singkat yang telah anda lakukan di hp anda. Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengetahui apakah hp anda disadap oleh orang lain.

5 Cara Mengetahui HP Disadap Orang Lain

Melalui Kode Dial

cara mengetahui hp disadap wa

Setiap smartphone memiliki kode rahasia yang digunakan untuk melakukan pengaturan tambahan. Di beberapa smartphone kode rahasia ini hampir-hampir sama.

Untuk mengetahui apakah hp anda di sadap bisa langsung cek melaui kode rahasia. Kode rahasia bisa diakses dengan cara melakukan panggilan atau dial pada umumnya.

  1. Pertama, buka aplikasi telephone atau panggilan yang ada pada smartphone anda
  2. Selanjutnya silahkan ketik salah satu kode dial berikut ini
    1. *#21#
    1. *#*#002#*#*
  3. Lalu tekan panggil atau call
  4. Selanjutnya akan muncul sebuah notifikasi yang menyatakan beberapa hal tentang call forwarding
  5. Jika semua status dari menu yang tersedia adalah tidak diteruskan atau Not Forwarded maka hp anda dalam keadaan aman

Cara diatas dilakukan untuk mengecek apakah panggilan dan sms pada smartphone anda dialihkan ke nomor lain. Jadi setiap sms dan panggilan yang masuk akan diterima juga oleh orang yang menyadap hp anda.

Namun jika statusnya seperti langkah ke -5, maka bisa dipastikan bahwa hp anda dalam keadaan aman. Waspadai jika ada orang memberikan nomor dengan awalan kode rahasia diatas.

Perhatikan Frekuensi Telepon

cara mengetahui hp disadap atau tidak

Hal paling umum pada penyadapan biasanya terjadi pada saat melakukan panggilan kepada orang lain, penyadap akan mencatat bahkan mengambil alih panggilan yang telah anda lakukan.

Untuk itu anda harus waspada dan mengetahui beberapa tanda bahwa panggilan di sadap. Berikut beberapa identifikasi bahwa panggilan dari hp anda di sadap :

  1. Suara atau bunyi aneh : suara atau bunyi aneh yang tiba-tiba ada saat melakukan panggilan bisa saja menandahkan bahwa hp anda sedang disadap. Bunyi atau suara ini tentunya buka berasal dari anda dan orang yang sedang anda telephone. Biasanya panggilan ini tersambung juga ke pihak ke-3 yang merupakan penyadap.
  2. Sering terjadi Salah sambung : anda akan mengalami salah sambung saat ingin melakukan panggilan dengan orang lain. biasanya hal ini sering terjadi, bisa saja bahwa panggilan yang anda terima tersebut sengaja dialihkan ke nomor lain oleh penyadap.

Performa HP Meningkat

cara mengetahui hp disadap lokasi

Jika sering mengalami masalah seperti hp yang panas saat tidak digunakan, bisa saja telah terjadi penyadapan pada hp anda. umumnya penyadapan dilakukan untuk mengambil semua informasi dari korban.

Maka dari itu dalam kasus ini keadaan hp anda yang panas saat tidak digunakan bisa dikarenakan proses pengiriman informasi ke server yang dilakukan oleh penyadap.

Pesan Dalam Status Terbaca

cara mengetahui hp disadap lewat email

Biasanya hal ini terjadi saat jaringan internet anda hidup dan dalam keadaan hp yang tidak melakukan aktifitas. Jika terjadi hal seperti ini sebaiknya matikan terlebih dahulu hp anda dan cek dengan aplikasi-aplikasi yang bisa membantu seperti pembersih virus dan lainnya.

Beberapa aplikasi pesan singkat, seperti : whatsapp, messenger, instagram dan lainnya memiliki tanda jika pesan yang anda kirimkan telah dibaca, biasanya dengan 2 tanda centang biru/hijau atau ada penjelasan bahwa pesan telah dibaca.

Hal ini harus anda waspadai pada hp anda, perhatikan apakah ada pesan yang tiba-tiba terbaca padahal belum anda buka. Bisa jadi pelaku penyadapan tersebut yang melakukannya.

Menerima Pesan Aneh

cara mengetahui hp disadap whatsapp

Jika anda sering menerima pesan aneh terutama dalam sms yang biasanya berisi angka, kata, simbol yang tidak anda mengerti, maka anda harus waspada dan berhati-hati.

Bisa saja penyapadan telah terjadi kepada hp anda. biasanya anda akan menerima kode atau pesan ini setelah penyadap telah berhasil melakukan penyadapan bahkan pengiriman informasi ke server.

Smartphone anda hilang? berikut Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dengan Gmail

Akhir Kata

Demikianlah cara mengetahui hp disadap oleh orang lain. jika beberapa hal diatas terjadi pada hp anda maka segera waspada, banyak hal yang bisa anda lakukan seperti scan menggunakan antivirus atau melakukan Reset hp untuk mengembalikan ke setelan pabrik. semoga bermanfaat.