Cara Mengetahui No Token Listrik yang Hilang

Cara Mengetahui No Token Listrik yang Hilang – Pengguna PLN sekarang sudah didominasi oleh pengunaan token listrik. Maka dari itu setiap bulannya anda harus melakukan pembelian token listrik supaya listrik dirumah anda selalu menyala.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membeli token listrik, bisa membelinya secara langsung ke toko, market atau warung yang menyediakan atau secara online.

Setiap membeli diluar online atau ke market yang menyediakan token listrik, maka anda akan mendapatkan struk fisik yang tentunya berisi nomor token listrik.

Biasanya jika anda sering melakukan hal tersebut, sering sekali terjadi masalah nomor token listrik atau struk tersebut hilang, sehingga hal tersebut menyebabkan anda tidak bisa mengisi ulang tokel listrik tersebut.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, jika nomor token listrik tersebut hilang saat baru anda beli, berikut sudah kami bahas cara mengetahui no token listrik yang hilang yang wajib anda coba.

Cara Melihat Token Listrik Di PLN Mobile

Cara Mengetahui No Token Listrik

Untuk melihat beberapa informasi terkait PLN atau listrik, anda bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile yang sudah tersedia dan bisa digunaka di smartphone android anda.

Ada beberapa informasi yang bisa anda lihat, antara lain : token listrik, history transaksi, pembayaran dan lainnya.

  1. Pertama, install aplikasi PLN Mobile melalui play store di smartphone anda
  2. Lalu buka aplikasi tersebut dan tekan menu informasi
  3. Selanjutnya, pilih menu tagihan dan token listrik
  4. Disini anda bisa memasukkan id pelanggan atau nomor meter yang anda miliki, jika sudah tekan cek tagihan
  5. Nantinya, akan muncul informasi histori pembelian terakhir, mulai dari jumlah token, tanggal dan jam pembelian dan tentunya nomor token tersebut

Namun, jika nomor token listrik tersebut hilang saat baru pertama sekali pembelian, maka silahkan lakukan langkah berikut ini.

Print Ulang Struk Token Listrik

Token listrik bisa dibeli dimana saja, biasanya ada beberapa outlet atau market yang menyediakan hal tersebut. Nah setelah pembelian, biasanya anda akan mendapatkan kertas atau struk pembelian dari token listrik tersebut.

Jika lupa atau no token listrik hilang, maka anda bisa kembali ke tempat dimana anda membeli token listrik tersebut dan minta untuk melakukan print ulang.

Hubungi Call Center PLN

Tentunya, untuk membantu keluhan para pengguna, PLN menyediakan call center yang akan menyelesaikan masalah yang terjadi, termasuk nomor token listrik yang hilang tersebut.

  1. Pertama, pastikan anda sudah mengetahui atau mencatat beberapa informasi tentang token listrik tersebut, seperti nomor meteran, pembayaran dan lainnya
  2. Lalu lakukan panggilan 123 menggunaka hp, namun harus diawali dengan kode area, misalnya 022123
  3. Jika sudah terhubung dengan cs dari pln, maka anda bisa menyampaikan keluhan anda
  4. Nantinya petugas akan meminta beberapa informasi yang diperlukan
  5. Terakhir, petugas atau cs dari pln akan memberitahukan informasi yang anda perlukan termasuk nomor token listrik yang hilang tersebut

Melalui Website PLN

Selain aplikasi, PLN juga bisa diakses melalui website di www.pln.co.id, di website tersebut anda bisa melihat semua informasi terkait penggunaan pln, termasuk nomor tokel listrik.

  1. Pertama, buka browser di smartphone atau komputer anda, lalu akses website resmi pln
  2. Pada tampilan awal ada beberapa informasi yang wajib anda isi
  3. Pada bagian identitas pelanggan, anda bisa memilih opsi nomor meter atau IDPEL
  4. Masukkan nomor IDPEL yang anda miliki dan tekan tombol cari
  5. Nantinya akan tampil beberapa informasi yang cukup lengkap, termasuk nomor token listrik

Hubungi PLN melalui email

Untuk mendapatkan informasi terkait pengunaan pln, anda bisa menghubungun pln melalui email. Silahkan kirim pesan ke pln123@pln.co.id.

Jangan lupa isi subject dan pesan yang jelas dan jika perlu didukung dengan informasi lain, seperti bukti pembayaran, nomor meter dan lainnya.

Datang ke kantol PLN terdekat

Jika ada masalah dengan pengunaan PLN, termasuk nomor token listrik yang hilang, anda bisa datang langusung ke kantor PLN terdetak yang ada di kota anda.

Nantinya anda akan dilayani oleh cs dari PLN dan akan meminta beberapa informasi yang diperlukan. Silahkan ceritakan ke petugas tentang masalah yang anda alamai, yaitu kehilangan nomor token listrik tersebut.

Baca Juga:

Demikianlah cara mengetahui no token listrik yang hilang. Masalah ini sering muncul, jika anda membeli token listrik langsung ke minimarket atau warung kecil yang menyediakannya.

Disarankan untuk membeli melalui marketplace atau secara online, karena transaksi yang tercatat bisa dilihat kapan saja, jadi memudahkan anda jika suatu saat lupa atau nomor token listrik tersebut hilang.