Cara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save

Cara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save – Corel draw merupakan salah satu software desain grafis yang sudah sangat populer. Corel draw memiliki banyak fitur yang sangat membantu para desainer dalam mendesain.

Untuk menggunakan corel draw anda harus membeli licensi-nya terlebih dahulu, namun jika tertarik anda bisa mencoba versi trial atau anda bisa menggunakan versi crack, namun hal ini termasuk ilegal dan anda harus menanggung resikonya sendiri saat menggunakannya.

Beberapa pengguna corel draw sering mengeluhkan masalah yang terjadi saat menggunakan software desain ini, seperti masalah tidak bisa save atau export.

Tentunya hal tersebut sangatlah membingungkan, karena anda tidak bisa menyimpan project desain yang telah anda kerjakan. Namun tidak perlu khawatir, untuk mengatasinya, anda bisa membaca beberapa cara mengatasi corel draw x7 tidak bisa save berikut ini.

Download file Psikey.dll

Corel Draw X7 Tidak Bisa Save

Masalah tidak bisa save dan export pada corel draw biasanya disebabkan karena adanya missing file atau file yang hilang atau kerusakan file, file ini adalah Psikey.dll, nantinya file dll ini harus anda pindahkan ke file dimana corel draw tersebut di install, berikut cara memindahkannya.

  1. Pertama, download terlebih dahulu Psikey_2.dll tersebut, melalui link berikut ini : download Psikey_2.dll
  2. Setelah selesai download, cari file tersebut, lalu extract, caranya klik kanan lalu pilih extract here
  3. Jika sudah pindahkan file tersebut ke folder C > Program Files > Common Files > Protexis > License Service, pindahkan di folder license service
  4. Jika nantinya ada notifikasi untuk melakukan replace, silahkan tekan saja replace, hal ini untuk memperbaharui file dll yang sebelumnya

Lalu setelah file dll tersebut dipindahkan, anda harus memastikan terlebih dahulu file tersebut berjalan, melalui services.

Caranya bukan run dengan menekan tombol windows + r lalu ketik Services.msc dan tekan enter atau klik OK. Selanjutnya, cari protexis licensing dan pastikan statusnya running, jika tidak anda bisa klik kanan lalu pilih start.

Block Firewall

Jika anda menggunakan corel draw full version yang crack atau masa trial dari corel draw tersebut habis, maka masalah tidak bisa save dan export bisa diselesaikan dengna memblok corel draw melalui firewall, seperti berikut ini.

  1. Pertama, anda harus uninstall corel draw tersebut, caranya klik start lalu pilih control panel. Selanjutnya, pilih Programs dan pilih Program and Fearure. Lalu anda bisa mencari aplikasi CorelDraw, klik dan pilih uninstall
  2. Setelah proses uninstall selesai, pastikan anda sudah memiliki file installer corel draw tersebut, sekalipun dalam bentuk crack
  3. Jika dalam bentuk rar atau zip, silahkan extract terlebih dahulu dan jangan dibuka
  4. Lalu buka control panel, bisa dengan menekan tombol windows + r lalu ketik control dan enter
  5.  Masuk ke System and Security, lalu pilih Windows Firewall
  6. Lalu cari dan pilih menu Advanced Setting, biasanya terletak di bagian kiri
  7. Pilih Outbound Rules dan pilih New Rules, klik next untuk melanjutkan
  8. Nantinya akan muncul sebuah menu baru, disini anda harus memilih program corel draw yang menghubungkannya dengan internet
  9. Klik browser lalu cari file-nya di Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Corel > CorelDRAW Graphics Suite X6/ X7/ X8 ( sesuaikan dengan versi corel draw yang digunakan ), lalu klik Connect
  10. Selanjutnya, klik  Connect.exe dan pilih open, disini anda hanya perlu menekan tombol next hingga selesai, namun jika mememukan opsi allow the connection dan block anda harus memilih opsi block, lalu isi nama bebas dan tekan finish
  11. Sampai disini anda sudah berhasil block akses internet dari corel draw menggunakan firewall dan corel draw sudah bisa digunakan seperti biasa, termasuk fitur save dan export.

Baca Juga:

Kesimpulan

Masalah tidak bisa save dan export pada corel draw biasanya terjadi karena adanya missing file atau file corrupt, maka dari menambahkan file dll pada tutorial diatas menjadi salah satu solusi yang ampuh.

Selain itu masalah lainnya disebabkan karena corel draw yang anda gunakan adalah versi crack atau bajakan.

Sehingga saat anda menggunakan corel draw dan terkoneksi internet, akan terdeteksi sebagai file bajakan dan tidak bisa digunakan, maka dari itu anda perlu melakukan pemblokiran akses internet untuk corel draw menggunakan firewall seperti tutorial diatas.

Semoga cara mengatasi corel draw x7 tidak bisa save bermanfaat dan berhasil anda lakukan.