Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7

Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7 – Speaker menjadi perangkat yang sangat sering digunakan di komputer, apalagi jika anda hobi mendengarkan musik atau menonton video di komputer. Sebetulnya pengunaan speaker di komputer akan aktif secara otomatis.

Namun dibeberapa pengguna ada yang mengalami masalah pada speaker, sehingga mereka tidak bisa mendengarkan suara dari video atau lagu yang sedang diputar.

Masalah tersebut biasanya terjadi karena driver audio di komputer tersebut tidak tersedia atau mengalami bug dan error.

Untuk mengatasinya tentunya anda bisa melakukan perbaikan terhadap driver tersebut, mau itu di update atau reinstall. Silahkan simak cara mengaktifkan speaker di komputer windows 7.

Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7

Cara Mengaktifkan Speaker di komputer

Install Realtek Audio Driver

Jika anda mengalami masalah dalam mengaktifkan speaker di windows 7, maka bisa menginstal driver tambahan yaitu Realtek Audio Driver.

Selain itu driver ini juga dapat membantu anda mengatur suara atau volume dari spekaer tersebut, seperti menambah efek, memperbesar volume dan lainnya.

  1. Pertama, tentunya anda harus meng-install driver Realtek Audio Driver terlebih dahulu. Untuk informasi download nya anda bisa cek langsung di google, pastikan anda mendownload yang benar dan sesuai dengan jumlah bit yang ada di komputer anda
  2. Jika sudah di download, silahkan lakukan instalasi seperti software lada umunya, tekan next hingga terakhir finish
  3. Nantinya setelah proses penginstalan selesai, anda akan diminta untuk me-restart komputer tersebut, untuk sementara abaikan saja
  4. Sekarang buka file Realtek Audio Driver yang telah anda install tadi, cari d folder C: > Program Files > Realtek > Audio > HDA
  5. Pada folder tersebut cari file RAVCpl64, silahkan sesuaikan angka terakhir dengan bit PC anda
  6. Pada bagian kanan atas, tekan icon folder 
  7. Lalu pada bagian Disable front panel jack detection, silahkan centang kotak pada bagian kanan dan tekan OK
  8. Sampai disini speaker di komputer anda telah aktif dan sudah bida digunakan, coba dengan memutar audio

Cara Mengaktifkan Speaker Melalui Device Manager

Dengan menggunakan device manager anda bisa melihat semua driver dari Hardware yang terinstall di komputer anda. Termasuk driver dari speaker tersebut, dengan begitu anda bisa mengaktifkan speaker melalui driver tersebut.

  1. Pertama, silahkan buka device manager, caranya klik kanan pada menu start lalu pilih device manager atau anda bisa menggunakan fitur pencarian yang ada di start lalu ketik device manager
  2. Jika device manager sudah terbuka, tekan menu view, lalu pilih opsi show hidden devices
  3. Kembali di device manager, silahkan klik 2x pada Beep
  4. Selanjutnya akan terbuka jendela Beep properties, silahkan tekan tab driver
  5. Lalu aktifkan dengan menekan tombol Start, untuk memastikan speaker selalu hidup tepat di bawah starup type pilih opsi System

Re-Install Audio Driver

Jika beberapa cara diatas sudah anda coba, seharusnya anda sudah bisa menggunakan speaker tersebut. Namun jika masih bermasalah dan belum juga bisa, silahkan install ulang driver, seperti berikut ini.

  1. Silahkan buka device manager, bisa dengan menekan tombol keyboard windows + r, lalu ketik devmgmt.msc dan tekan enter
  2. Lalu pada bagian sound, video and game controller klik kanan dan pilih opsi uninstall
  3. Selanjutnya silahkan restart komputer anda, proses restart ini akan membuat komputer melakukan reinstall audio driver tersebut secara otomatis.

Baca Juga:

Penutup

Demikianlah cara mengaktifkan speaker di komputer windows 7. Setelah melakukan cara diatas anda sudah bisa menggunakan speaker tersebut untuk mendengaroan lagu atau audio yang anda inginkan.