Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Bisa Mengetik Huruf

Keyboard Laptop Tidak Bisa Mengetik Huruf – Setiap laptop dibekali keyboard bawaan yang bisa digunakan untuk mengetik.

Memang dibeberapa laptop keyboard tersebut tidak cukup lengkap, berbeda dengan keyboard eksternal atau yang sering dijumpai pada komputer yang memiliki bagian numeric.

Keyboard pada laptop sangatlah penting, jika terjadi kerusakan, maka akan mengganggu aktifitas yang sedang dikerjakan, terutama tidak bisa mengetik huruf.

Biasanya masalah seperti ini, terjadi kepada laptop yang sudah cukup lama digunakan, namun selain faktor tersebut masih banyak hal lainnya.

Namun anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa informasi cara mengatasi keyboard laptop yang tidak bisa mengetik huruf. Cara ini bawah ini bisa anda coba di semua merk laptop.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Bisa Mengetik Huruf

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Bisa Mengetik Huruf

Bersihkan Keyboard Laptop

Beberapa kotoran, debu dan benda kecil lainnya dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop anda, maka dari itu anda harus rajin untuk membersihkannya, terutama bagian luar. Hal ini harus rutin di lakukan, jika tidak akan merusak bagian dalam atau hardware dari laptop tersebut.

Pembersihan bisa anda lakukan menggunakan kain yang lembut dan jangan terlalu keras menekan tombol keyboard saat proses pembersihan.

Selain itu anda juga bisa menggunakan alat yang dikhususkan untuk membersihkan laptop, seperti Vacum Cleaner khusus keyboard laptop atau clean gel.

Restart Laptop

Biasanya bug atau error yang terjadi saat laptop dihidupkan pertama kali bisa menyebabkan keyboard tidak bisa digunakan untuk mengetik huruf. Untuk mengatasinya anda bisa memulai ulang laptop atau restart laptop.

Tekan tombol start lalu pilih restart atau bisa dengan menekan tombol power selama lima detik. Cara ini terbilang efektif untuk mengembalikan kinerja laptop menjadi lebih baik.

Perbaiki Driver Keyboard

Keyboard Laptop Tidak Bisa Mengetik Huruf

Driver keyboard yang terinstall di laptop anda bisa saja menjadi masalah anda tidak bisa mengetik huruf di laptop. Tentunya hal ini dikarenakan driver tersebut tidak update atau ada beberapa aplikasi pendukung yang memiliki masalah atau bug.

Untuk mengatasinya tentunya anda harus melakukan update driver tersebut, seperti berikut ini.

  1. Pertama, masuk ke control panel. Caranya klik start lalu klik control panel, jika tidak ketemu ketik control panel pada kolom pencarian dan pilih
  2. Selanjutnya, pilih menu System and Security
  3. Lalu pilih menu Device manager
  4. Pada jendela Device manager anda akan melihat semua driver yang telah terinstall di laptop anda

Cari driver khusus keyboard, lalu perhatikan jika ada tanda warning dengan icon segitiga dan tanda seru berarti driver tersebut mengalami masalah, untuk melakukan update anda bisa mencari driver tersebut di google atau website resmi dari merk laptop anda.

Pakai Keyboard Eksternal

Keyboard Tidak Bisa Mengetik Huruf

Untuk mengatasi tidak bisa mengetik karena keyboard laptop yang rusak anda bisa menggunakan keyboard eksternal yang biasa digunakan di komputer.

Harga keyboard juga ada yang murah, jadi bisa dijadikan solusi sebelum di bawah ke service center.

Gunakan Keyboard Virtual

Keyboard laptop Tidak Bisa

Sistem operasi windows dibekali dengan keyboard virtual atau yang lebih dikenal dengan nama On-screen keyboard. Aplikasi ini bisa dijadikan alternatif jika keyboard laptop anda bermasalah seperti tidak bisa mengetik.

Untuk menggunakannya anda hanya perlu buka start, lalu pada kolom pencarian ketik On-Screen Keyboard. Jika sudah terbuka pengunaanya bisa dilakukan menggunakan mouse dengan menekan tombol keyboard yang anda gunakan. Sedikit merepotkan tapi bisa dijadikan alternatif.

Perbaiki ke Service center

Jika beberapa cara diatas tidak berhasil dan 2 alternatif tersebut kurang efektif untuk mengatasi keyboard laptop tidak bisa mengetik, maka anda perlu bawa laptop tersebut ke service center.

Biasanya masalahnya terletak di bagian dalam laptop atau di hardware laptop tersebut. Jika kurang ilmu dan takut saat otak-atik bagian dalam, serahkan saja keahlinya dengan membawa ke service center.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Akhir Kata

Demikianlah cara mengatasi keyboard laptop tidak bisa mengetik. Untuk penanganan supaya keyboard laptop tidak rusak, sebaiknya rajin memberishkan laptop dan jangan terlalu menekan keras keyboard laptop saat sedang digunakan.