Membuat Template Instagram

Cara Membuat Template Instagram – Instagram merupakan social media yang sangat populer, instagram memungkinkan anda untuk mengupload foto, video dan stories.

Aplikasi ini sangat banyak digunakan karena memiliki fitur yang menarik. Contohnya saja berbagai filter kamera dan lainnya.

Banyak sekali pengguna instagram yang berlomba-lomba untuk membuat foto mereka menjadi menarik, menghiasi foto dengan berbagai editan foto yang cantik.

Jika anda tertarik untuk memperbaiki dan mempercantik feed atau foto anda pada instagram bisa menggunakan template saat ingin upload foto atau video ke instagram.

Dengan template ini setiap foto dan video yang anda upload ke instagram akan memliki ciri khas yang sama, sehingga setiap foto atau video terlihat rapi dan cantik. untuk membuat sebuah template yang nantinya akan digunakan di instagram sangatlah mudah.

Jika mempunyai kemampuan design grafis bisa menggunakan software seperti photoshop, tapi jika tidak anda bisa menggunakan aplikasi pihak ke-3. Untuk tutorialnya bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Hal Penting Sebelum Membuat Template Instagram

cara membuat template instagram
cara membuat template instagram

Sebelum masuk ke cara pembuatan template instagram anda harus tau beberapa hal yang cukup penting. Seperti:

  1. Ukuran Foto harus 1080 x 1080 (square). Hal ini harus anda perhatikan untuk memastikan bahwa semua ukuran foto atau video yang anda gunakan pada tempat dan diupload di instagram sama, supaya terlihat lebih rapi.
  2. Sesuaikan tema instagram dan template yang digunakan. Setiap tempat yang anda gunakan haruslah memiliki keterkaitan dengan tema dari instagram anda. Jangan menggunakan element yang berlebihan.

Nah langsung saja nih ke bagian tutorialnya aja:

Cara Membuat Template Instagram

Seperti yang dibahas tadi jika memiliki kemampuan desain grafis yang baik bisa menggunakan beberapa software design. Namun jika tidak anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa di download di play store atau app store.

Membuat Template Instagram Dari Canva

Canva adalah salah satu aplikasi design dan edit foto yang bisa anda gunakan secara gratis atau premium, aplikasi ini menyediakan berbagai template selain template instagram seperti brosur, poster dan lain-lain.

Canva menyediakan template yang siap anda gunakan, pada bagian category anda bisa menemukan berbagai template mulai dari post/kiriman instagram, stories instagram.

membuat template instagram dengan canva
membuat template instagram dengan canva

Pilih salah satu template yang ingin anda gunakan, anda bisa menganti mulai dari foto hingga tulisan sesuai keinginan anda, klik saja foto dan tulisan yang ingin anda edit nantinya akan muncul opsi edit.

Jika belum atau tidak menemukan template yang cocok anda bisa membuatnya sendiri, klik icon tambah (+) yang ada di pojok kanan bawah, pilih kiriman instagram dan selanjutny anda bisa memulai mendesign, bisa dengan menambahkan teks, ilustrasi, gambar, bentuk dan lainnya.

Banyak template yang bisa anda gunakan secara gratis, namun ada bebera template yang mengharuskan pengguna untuk membayar.

Membuat Template Instagram Dengan Preview

Preview – Plan Your instagram merupakan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat dan mendesign foto untuk instagram. aplikasi ini bisa digunakan di android atau iOS.

Pada aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan preview terhadap template yang kalian inginkan.

Anda bisa menggunakan template yang sudah tersedia dan menganti foto atau teks yang anda inginkan atau bisa memulai dokumen baru untuk membuat template sendiri dengan menambah beberapa teks, gambar dan element lainnya.

Di aplikasi Preview anda bisa menggunakan banyak filter pada foto yang telah tersedia. Selain digunakan untuk mengedit dan design template anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk repost, hashtag finder, schedule dan lainnya.

Baca: Cara Melihat DM Instagram Yang Sudah Dihapus

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa cara dan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat template instagram, aplikasi tersebut sangat cocok sekali buat anda yang kurang pandai dalam design dan menggunakan aplikasi design seperti photoshop.