Penyimpanan Tidak Memadai Saat Download di Play Store

Penyimpanan Tidak Memadai Playstore – Pernah mengalami penyimpanan tidak memadai saat download di google play store? Penggunaan play store mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda pengguna android, di playstore kita bisa mendownload aplikasi, game dan lainnya.

Untuk melakukan install aplikasi anda harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup atau sesuai dengan size dari aplikasi yang akan anda install. Jika tidak anda akan mendapatkan notifikasi error penyimpanan tidak memadai, jelas hal tersebut sangatlah mengganggu.

Masalah utamanya yaitu pada memori yang anda gunakan mau itu memori internal ataupun eksternal yang anda gunakan untuk menyimpan data dari aplikasi yang akan anda install.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? apalagi beberapa aplikasi memang sangat kita butuhkan dan tidak bisa dihapus. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa simak beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Penyimpanan Tidak Memadai Saat Download di Play Store

penyimpanan tidak memadai play store
penyimpanan tidak memadai play store

Ada lima panduan yang bisa anda lakukan agar bisa kembali mengunduh aplikasi di google play store. Dari kelima daftar tutorial yang kami berikan, sebelumnya sudah dipastikan dilakukan percobaan dan terbukti berhasil.

Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Cara pertama kita bisa lakukan dengan memindahkan semua aplikasi atau bahkan data yang ada di smartphone ke memori eksternal atau SD Card. Karena default nya play store akan melakukan penyimpanan secara otomatis langsung ke memori internal.

Untuk mengatasi kepenuhan pada memori internal pindahkan file, aplikasi dan lainnya ke SD Card. Untuk melakukan pemindahan ke SD card khususnya aplikasi anda bisa lakukan dengan cara berikut ini.

  1. Buka menu setting atau pengaturan
  2. Tekan menu aplikasi atau aplikasi terinstal
  3. Klik aplikasi yang ingin dipindahkan dan klik Pindahkan ke SD Card

Pastikan anda memiliki SD Card/memori eksternal pada smartphone anda dan pastikan juga memori tersebut memiliki size yang besar untuk bisa menampung banyak aplikasi dan membebaskan ruang yang besar juga.

Hapus Cache dan Data Aplikasi

Setiap aplikasi yang anda install di smartphone akan menyimpan data dan cache pada memori internal anda. Hal tersebut akan membuat penuh memori internal, untuk itu anda bisa menghapus mau itu data ataupun cache. Untuk melakukan penghapusan anda bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Masuk ke menu penggaturan
  2. Pilih menu aplikasi atau aplikasi terinstall
  3. Pilih aplikasi yang ingin anda hapus data dan cache
  4. Klik tombol hapus data dan hapus cache

Setiap anda menghapus data dari sebuah aplikasi, jika aplikasi tersebut memiliki sistem login maka secara otomatis anda akan langsung ter-logout, anda bisa melakukan login kembali pada aplikasi tersebut.

Atur Penyimpanan Pada Kamera

Kamera merupakan aplikasi yang sangat sering digunakan, apalagi buat anda yang memiliki hobi selfie, setiap gambar yang anda simpan saat menggunakan kamera memiliki size yang berbeda dan jelas membuat memori anda cepat penuh.

Secara default kamera akan menggunakan penyimpanan internal untuk menyimpan foto anda tersebut.

Untuk itu anda bisa menganti penyimpanan kamera anda. caranya : Buka aplikasi Kamera, klik pada menu penggaturan atau icon gear, cari menu lokasi penyimpanan dan ganti ke SD Card. Dengan begitu semua foto atau video yang anda ambil akan secara otomatis tersave ke SD Card.

Hapus Konten Offline Dari Aplikasi

Maksud konten offline dari aplikasi disini contohnya seperti aplikasi youtube, anda bisa mendownload video dan menyimpannya secara online, hal tersebut akan menggunakan memori internal anda sebagai tempat penyimpanan.

Selain itu ada beberapa aplikasi lainnya seperti Joox dan spotify yang menyimpan lagu secara offline. Lakukan penghapusan untuk menghemat penyimpanan memori anda.

Hapus Foto, Video dan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Untuk mengatasi penyimpanan yang penuh saat mendownload di playstore anda bisa menghapus berkas-berkas pada smartphone anda yang tidak diperlukan, misalnya foto, video atau aplikasi. Hal tersebut akan membuat memori memiliki size atau ruang yang lebih besar.

Baca: 5 Aplikasi Perekam Layar HP Xiaomi Terbaik

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa cara untuk mengatasi Penyimpanan tidak memadai saat menginstall aplikasi di Playstore, masalahnya berada pada memori anda yang penuh. Jadi coba untuk mengosongkan dengan cara menghapus file, cache, data dan berkas lainnya.