Cara Mengatasi Sinyal 4G Indosat Tidak Muncul

Mengatasi 4G Indosat Tidak Muncul – Jaringan yang terkendala lemot, lag atau bahkan sering hilang menjadi kekhawatiran anda semua. Seringkali sinyal 4G indosat tidak muncul padahal area di wilayah anda sudah tercover oleh jaringan 4G.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sinyal 4G memiliki jaringan yang sangat cepat, stabil dan ping yang rendah. Sehingga membuat kita nyaman bersosial media ketika pada jaringan 4g.

Pada umumnya, untuk mengatasi sinyal 4g indosat yang sering hilang terdapat 2 penyebab. Mulai dari area penangkapan jaringan dan masalah dari spesifikasi HP yang anda gunakan saat ini.

Ternyata, dalam hal ini masih ada beberapa solusi yang patut anda lakukan untuk pengguna Indosat Ooredoo. Berikut ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi jaringan 4g tidak muncul buat anda yang saat ini sedang mengalaminya.

6 Cara Mengatasi Sinyal 4G Indosat Tidak Muncul

sinyal 4g indosat tidak muncul
sinyal 4g indosat tidak muncul

Pergi ke Area Terbuka

Pada ruangan yang tertutup, sinyal 4g pastinya akan sulit menjangkau smartphone yang anda gunakan. Oleh sebab itu hal yang harus anda lakukan yakni hanya pergi ke area terbuka terlebih dahulu.

Mengapa demikian? pada umumnya disekitar wilayah terbuka sinyal akan lebih mudah ditangkap ketimbang pada ruangan tertutup.

Cara yang pertama ini wajib anda coba, kemungkinan sinyal 4g indosat akan lebih mudah ditangkap.

Setting ke 4G LTE Only

Pada pengaturan bawaan atau default, Settingan pada jaringan HP anda yakni (2G/3G/4G). Pengaturan tersebut akan secara otomatis menyesuaikan jaringan mana yang paling bagus untuk anda akses saat itu.

Jika sinyal 4g indosat di daerah anda sedang tidak bagus, jaringan tiba-tiba menghilang atau sedang mendalami gangguan.

Maka cara berikut ini yang harus anda lakukan yakni mengaturnya ke mode 4G LTE Only. Caranya: Pergi ke Pengaturan / Setting > Jaringan Seluler > kemudian atur ke 4G LTE.

Namun jika dalam pengaturan tidak ada 4G LTE, maka anda bisa menggunakan kode rahasia *#*#4636#*#* lewat dial Telepon.

Aktifkan Mode Pesawat

Indikasi lain yang menyebabkan sinyal 4g indosat tidak muncul yakni telah terjadi error sistem pada HP anda. Cara yang paling awal yang harus anda lakukan yakni menghidupkan Mode Pesawat.

Cara ini bisa untuk menyetel jaringan yang sedang error atau gangguan pada hp anda, sehingga sinyal 4g yang hilang akan muncul kembali.

Bagaimana caranya? cukup mudah!. Anda hanya perlu menyalakan mode pesawat dan tunggu sampai 3 menit kemudian Matikan kembali.

Restart HP

Opsi sederhana merestart hp menjadi salah satu cara yang paling gampang untuk mengatasi sinyal 4g tidak muncul.

Dengan melakukan restart, artinya akan me-refresh seluruh pengaturan jaringan pada hp anda. Hal ini akan dapat mengatasi masalah pada jaringan yang anda alami saat ini.

Atur APN Jaringan

Melakukan pengaturan pada APN Indosat sangat wajib anda lakukan, karena pihak Indosat Ooredoo sendiri meromendasikan penggunaan APN.

anda dapat menggunakan APN Indosat 4G tercepat berikut ini:

  • Name: INDOSAT
  • APN : internet
  • Proxy, Port, Username, Password: Kosongkan (Tidak perlu di isi)
  • MCC: 510
  • MNC: 01
  • APN Type: default, supl
  • APN Protocol : ipv4
  • APN Roaming Protocol : ipv4

Bagaimana caranya? silahkan anda pergi ke Pengaturan > Kartu SIM > Pilih simcard indosat > pilih APN > kemudian silahkan anda buat APN Baru.

HP dan Kartu Wajib Sudah 4G

Pastinya sudah sangat paham jika anda menggunakan smartphone yang sudah support 4G namun simcard yang anda gunakan masih yang lama. Maka sinyal 4g indosat yang anda gunakan tidak muncul.

Jika masih menggunakan simcard indosat yang lama, silahkan pergi ke kantor resminya untuk melakukan upgrade pada kartu sim yang anda pakai.

Sering lupa mengenai nomor anda? begini Cara Melihat Nomor Indosaat Ooredoo Terbaru

Akhir Kata

Demikianlah panduan atasi Sinyal 4G Indosat Tidak Muncul. Tidak hanya provider indosat saja yang mengalami hal ini, provider lain pun pasti mengalaminya.

Semoga dengan tutorial diatas dapat membantu anda dalam mengatasi Jaringan 4G yang tidak muncul pada kartu Indosat.