Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk – Flashdisk merupakan alat penyimpanan yang umum digunakan untuk perangkat komputer dan laptop.

Selain ukuran yang kecil, flashdisk juga punya kapasitas yang cukup besar, jadi terbilang efisien dan mudah dibawa kemana-mana. Kebanyakan orang menggunakan flashdisk untuk backup file-file penting.

Nah, untuk mencegah hal yang tidak di inginkan, seperti data yang terhapus atau hilang, maka anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan flashdisk.

Hindari penyambungan flashdisk dengan perangkat yang tidak menggunakan antivirus. Jika tidak maka anda akan kehilangkan data yang ada di flashdisk tersebut.

Namun, jika sudah terlanjur terjadi dan data-data penting yang ada di flashdisk hilang, anda tidak perlu panik.

Untuk mengembalikan data tersebut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Berikut ini kami rangkum, cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk dengan mudah dan aman.

Tampilkan Folder Tersembunyi

Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk

Apakah anda pernah berpikir, bahwa data yang hilang dari flashdisk tersebut sebetulnya tidak hilang, melainkan disembunyikan oleh sistem?

Hal tersebut terjadi, karena sistem secara otomatis membaca bahwa file tersebut adalah file yang penting dan mencegah supaya tidak dihapus secara tidak sengaja.

  1. Pertama, buka file explorer pada komputer atau laptop anda, bisa dengan menekan tombol windows + e. Lalu masuk ke drive flashdisk
  2. Pada bagian atas, silahkan tekan menu Organize dan pilih folder dan search options
  3. Lanjut, tekan tab View
  4. Selanjutnya, cari bagian atau menu Hidden files and folders
  5. Lalu pilih Show Hidden Files, Folders and Drives
  6. Klik Apply dan OK

Sampai disini anda sudah berhasil menampilkan file tersembunyi di komputer atau lapop, silahkan kembali ke file explorer atau drive flashdisk anda, apakah data tersebut sudah kembali atau sudah ada.

Menggunakan aplikasi Recuva

Recuva merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Piriform Ltd untuk membantu anda mengembalikan semua jenis file yang telah terhapus di flashdisk.

Aplikasi atau software ini tersedia secara gratis dan sangat ampuh sekali dalam mengembalikan file terhapus dari suatu flashdisk yang terkena virus atau ter-format. Berikut ini cara menggunakan Recuva.

  1. Pertama, download aplikasi Recuva. Aplikasi ini bisa diunduh langsung melalui website resminya di https://www.ccleaner.com/recuva
  2. Selanjutnya, silahkan colok flashdisk anda ke laptop atau komputer yang telah di install recuva
  3. Lanjut buka aplikasi Recuva, pada halaman awal anda akan diminta memilih jenis file yang ingin dikembalikan, anda bisa memilih salah satu atau pilih all files
  4. Selanjutnya, pilih dimana file location file tersebut hilang. Karena pada kasus ini file yang hilang berasal dari flashdisk, maka pilih in a spesific location, lalu pilih browse dan pilih drive flashdisk anda
  5. Tekan next untuk melanjutkan proses
  6. Jangan lupa aktifkan atau centang fitur enable deep scan. Supaya proses scan file yang terhapus dilakukan lebih luas dan dalam
  7. Lalu tekan tombol Start untuk memulai proses, tunggu saja hingga proses selesai
  8. Jika proses pencarian oleh aplikasi Recuva sudah selesai, maka akan tampil semua file yang terhapus dari flashdisk anda. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, jika keterangan file berwarna hijau maka bisa dikembalikan, jika kuning file tetap bisa dikembalikan namun ada kemungkinan file mengalami kerusakan, tetapi jika merah file tidak dapat dikembalikan akibat sudah rusak
  9. Pilih saja file yang ingin dikembalikan, centang pada bagian file lalu tekan Recover

Sampai disini berkas yang anda miliki sudah kembali ke folder atau drive flashdisk anda.

Menggunakan Command Prompt (CMD)

Data yang hilang dari flashdisk bisa saja disebabkan oleh virus, namun bukannya terhapus, malah file tersebut sengaja di sembunyikan oleh virus.

Untuk menampilkan data yang hilang di flashdisk yang disebabkan oleh virus, anda bisa menggunakan fasilitas bawaan windows, yaitu CMD atau Command Prompt.

  1. Pertama, silahkan buka CMD, bisa melalui menu start, lalu pada kolom pencarian ketik cmd dan enter atau tekan tombol keyboard windows + r lalu ketik cmd dan enter
  2. Pada jendela CMD yang terbuka, silahkan ketik CD..
  3. Selanjutnya, masuk ke partisi flashdisk anda, jika di file explorer flashdisk anda berada di drive H, maka pada jendela CMD ketik H:, silahkan disesuaikan saja
  4. Setelah berubah menjadi H:> atau partisi flashdisk anda, selanjutnya ketikan di cmd ATTRIB *.* -S -H -R /S /D
    *pastikan juga spasi saat mengetiknya

Setelah melakukan cara tersebut, data yang hilang tadi sudah berhasil ditampilkan, silahkan buka drive flashdisk dan cek kembalik. Apakah data yang telah hilang dari flashdisk telah kembali.

Baca Juga:

Demikian cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk. Untuk menghindari data-data dari flashdisk anda hilang, sebaiknya perhatikan pengunaan flashdisk tersebut.

Jangan gunakan flashdisk tersebut jika komputer atau laptop tersebut tidak memiliki antivirus. Selain itu lakukan scan antivirus pada flashdisk secara rutin. Semoga bermanfaat.